Reog Ponorogo Budaya Asli Indonesia Untuk Di Lestarikan

Reog Ponorogo Budaya Asli Indonesia Untuk Di Lestarikan


YogyakartaReog Ponorogo Budaya Asli Indonesia Untuk Di Lestarikan - Kali ini admin mau cerita tentang Kesenian kita yang dulu pernah di klaim oleh tetangga kita yaitu Reog Ponorogo. Tarian ini sebenarnya berasal Ponorogo, Jawa Timur yang terkenal dengan nama “Reog Ponorogo”. Akan tetapi semakin berkembangnya zaman kesenian ini mulai membumi di seluruh Indonesia, artinya tarian reog ini sudah menyeluruh di seluruh Nusantara dengan berbagai versi dan gerakan baru.
Tarian ini biasanya di gunakan dengan dasar menceritakan sebuah lakon atau cerita masa lalu ataupun hanya digunakan sebagai tarian penghibur saja yang jelas mereka sangat kreatif. Tarian ini umumnya kental dengan aura magisnya yaitu berhubungan dengan makhluk halus yang biasanya muncul apabila para penari sudah mulai kerasukan dan apapun yang ada di depannya atau apa yang dilihat akan dia makan, walaupun itu adalah sebuah kaca seperti gelas.
Tarian ini sangat populer dikalangan penduduk desa karena biasanya tarian ini sebagai penghibur warga saat ada acara-acara daerah tertentu misal acara rasul Rasul (Gunungkidul) yang bertujuan untuk mensyukuri nikmat dan berkah panen yang diberikan oleh-NYA.
Dewasa ini, tarian ini mulai di kompetisikan di Indonesia, mengingat juga Negara tetangga kita pernah meng-klaim bahwa tarian ini adalah miliknya. Sikap pemerintah sangat bagus, karena dengan mengkompetisikan tarian reog ini selain untuk melestarikan budaya bangsa juga untuk membuat para generasi muda untuk mau menjaga kesenian yang sangat menusantara ini.
Dengan demikian tidak akan ada lagi Negara yang mengaku apabila kesenian yang ada di Indonesia ini dapat dipelajari oleh seluruh rakyat Indonesia sehingga tidak hanya satu daerah saja yang memiliki tetapi seluruh nusantara juga memiliki dan mampu untuk menjaga dan melestarikannya bersama-sama.

Related Product :

View detail

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DAILY'S DIKISIC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger