Cagar Budaya Candi Gebang Sleman Yogyakarta Yang Terawat Rapi Dan Indah

Cagar Budaya Candi Gebang Sleman Yogyakarta


Sleman Cagar Budaya Candi Gebang Sleman Yogyakarta Yang Terawat Rapi Dan Indah - Kali ini penulis akan membagi cerita dari sebuah Candi peninggalan zaman Mataram kuno yaitu Candi Gebang Sleman. Candi Gebang adalah candi Hindu yang terletak di dusun Gebang, kelurahan Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, 11 Kilometer dari pusat kota Yogyakarta.
Setelah melalui proses yang panjang dan diteliti candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-8 M pada saat wangsa Sanjaya berkuasa di zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi Gebang yang ditemukan pada tahun 1936, kemudian dilakukan pemugaran yang dipimpin oleh Van Romondt pada tahun 1937-1939.

Candi ini berbahan dasar batu andesit yang mempunyai ukuran kira-kira 5,25 x 5,25 meter dengan tinggi 8 meter. Candi Gebang menghadap ke timur, mempunyai puncak berbentuk lingga. Pada relung sebelah barat arca Ganesa, sementara di sisi pintu terdapat dua relung yang salah satunya berisi Arca Nandiswara. Sebuah yoni berada di ruang candi.

Related Product :

View detail

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DAILY'S DIKISIC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger